Taman Wisata Ngembag, Telaga Kecil Dekat Kota Ponorogo

taman-wisata-ngembag-ponorogo.jpg

Wakoka.Co.Id – Taman Wisata Ngembak pagi ini nampak ramai dengan anak-anak TK dan SD yang berdandan cantik. Rupanya hari ini, Minggu (15/05/2016) ada lomba menyanyi tingkat TK dan SD se Ponorogo.

“Ini even Reguler dari Dinas Pariwisata, untuk memperingati Hardiknas” Kata Marga, ketua Panitia Saat ditemui di lokasi.

Taman Wisata Ngembag sendiri merupakan taman wisata bagi keluarga. Sebelumnya, Ngembag melupakan sebuah sumber air atau sending yang erat kaitannya dengan legenda Ponorogo yaitu kisah Warok Suromenggolo.

Alkisah, dalam salah satu pertarungan Warok Suromenggolo, karena hebatnya pertarungan dan adu tenaga muncullah sumber air yang kemudian dikenal sebagai Ngembag. Dalam bahasa jawa, “Embag” berarti tempat yang becek, penuh air.

Ngembag terkenal dengan sebuah telaga kecil yang tak pernah mengering. Ditambah dengan keberadaan puluhan pohon Trembesi yang berusia ratusan tahun menjadikan hawa disekitar Ngembag terasa sejuk. Selain itu, keberadaan pohon-pohon raksasa itu membuat sumber airnya Lestari sampai kini.

Seiring perkembangan jaman, Ngembag kemudian dikembangkan menjadi taman wisata yang cocok untuk refressing dan piknik  dengan keluarga. Karena lokasinya yang asri nan sejuk dan terletak cukup dekat dengan Pusat kota. Maka tak ayal pada hari libur Ngembag cukup ramai dikunjungi masyarakat Ponorogo yang ingin bersantai bersama keluarga.

Untuk fasilitas yang tersedia di Taman Wisata Ngembag antara lain ada Kolam Renang kecil dan Wahananya, Flying Fox serta aneka mainan untuk anak. Selain itu ada banyak warung yang ternyata tapi untuk anda yang ingin makan atau sekedar ngopi.

Letak Taman Wisata Ngembag berada di sebelah timur kota, jalan arah ke Pulung, tepatnya di Jl. Yos Sudarso. (CA)

Facebook Comments