Minum Gratis 13 Jenis Kopi Indonesia di Hari Kopi Internasional

hari-kopi-internasionalWakoka.Co.Id – Dalam perayaan Hari Kopi Internasional (International Coffee Day), 13 Jenis kopi dari Indonesia akan dihadirkan dalam acara minum kopi gratis pada Kamis (1/10/2015) di Gedung Garuda Lantai 2, Kementerian Perindustrian, Jakarta. Penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kopi Internasional dilakukan melalui kesepakatan International Coffee Organization. Sebelumnya berbagai negara merayakan hari kopi pada tanggal yang berbeda-beda, meskipun kebanyakan negara merayakannya pada tanggal 29 September.

Acara minum kopi gratis diselenggarakan dalam rangka Pencanangan Hari Kopi Internasional di Indonesia, bersamaan dengan pencanangan hari Kopi Sedunia di tingkat internasional yang dilakukan di Milan, Itali. Pengunjung bisa mulai datang pada pukul 10.00 WIB hingga ditutup nanti pada pukul 15.00 WIB. Acara ini diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan asosiasi-asosiasi kopi di Indonesia.

Informasi yang didapatkan, jenis-jenis kopi yang disajikan dengan jenis Robusta dan Arabica yaitu Sumatera Arabica Gayo Coffee, Sumatera Arabica Lintong Coffee, Sumatera Arabica Solok Surian Coffee, Sumatera IndoArabica Mangkuraja Coffee, West Java Arabica Manglayang Coffee, Java Arabica Kayumas Estate Coffee, Java Arabica Blawan Estate Coffee, Java Arabican Pancur-Angkrek Coffee, Java Arabica Sindoro-Sumbing Coffee, Bali Arabica Kintamani Coffee, Flores Arabica Bajawa Coffee, Sumatera Robusta Bengkulu Coffee “Kaba Mountain” Coffee, dan Java Robusta Bangelan Estate R/WP-1L.

“Pengunjung tinggal datang dan antre. Bisa milih juga kopi mix, spesial, dan juga panas maupun dingin,” kata Direktur Industri Minuman dan Tembakau, Faiz Achmad saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Ia mengatakan setiap varian kopi-kopi Indonesia disediakan sebanyak satu kilogram untuk para pengunjung. Faiz memperkirakan setiap satu kilogram kopi dapat diseduh menjadi 80 gelas. “Ya kira-kira bisa 1.000 gelas. Tapi kita antisipasi sampai 2.000 gelas untuk pengunjung,” ujarnya. (dari berbagai sumber)

IMG-20150927-WA0009

Facebook Comments