Mematikan Fitur Autoplay Video Di Facebook

Facebook-IlustrasiWakoka.Co.Id – Facebook mulai menjalankan fitur autoplay video di situs Facebook, baik itu melalui gadget maupun PC. Artinya semua video yang ada di linimasa atau timeline Facebook akan langsung diputar, tanpa mengharuskan pengguna menekan tombol play.

Bagi sebagian pengguna, fitur tersebut tentunya akan menghemat waktu, tetapi tidak untuk sebagian yang lain. Untuk sebagian pengguna, fitur tersebut justru sangat menjengkelkan. Selain belum tentu video tersebut menarik, tentu saja akan memboroskan kuota internet di perangkat mobile. Disisi lain, pemutaran video ini juga bisa membuat baterai ponsel cepat berkurang.

Sebenarnya, fitur tersebut dapat dimatikan atau di non aktifkan oleh pengguna. Bagi anda yang ingin mematikan fitur autoplay tersebut berikut langkah-langkahnya.

Untuk komputer atau laptop

Dari laman Facebook, klik “Option”. Menu tersebut ada di bagian kanan atas dengan icon berbentuk gambar panah yang mengarah ke bagian bawah. Kemudian, klik “Settings” dan pilih “Videos” yang ada di bagian kiri layar.

Dari menu “Videos”, cari “Auto-play Videos”, dan pindahkan pilihan dari “Default” ke “Off”.

Untuk ponsel dan tablet

Ada beberapa pilihan autoplay untuk kedua perangkat tersebut, yakni “On”, “WiFi Only”, dan “Off”.

Jika pengguna memilih “On”, maka jumlah paket data yang digunakan tergantung dengan seberapa lama ia menyaksikan video. Apabila pengguna men-scroll laman melewati video di linimasa, video tersebut secara otomatis akan berhenti.

Jika pengguna menggunakan WiFi, tidak ada paket data yang digunakan.

Setting ponsel berbasis Android

Buka aplikasi Facebook, tekan tombol “Menu”, pilih “App Settings”, cari “Videos Play Automatically”, kemudian pilihlah “Off” jika ingin mematikannya.

Setting untuk iPhone dan iPad

Pilih “Settings” untuk iPhone atau iPad. Perhatikan, ini menu setting untuk iPhone dan iPad, bukan di aplikasi Facebook.

Selanjutnya, cari Facebook. Tekan “Settings”, cari “Video”, kemudian pilih “Auto-play”. Untuk mematikan fitur autoplay, tekan tombol “Off”. (disunting dari kompas.com)

Facebook Comments