Liburan Akhir Tahun, Saat Yang Tepat Menikmati Keindahan Telaga Ngebel

Telaga-NgebelWakoka.Co.Id – Ponorogo, selain dikenal dengan kesenian Reyog, Ponorogo juga menyimpan berbagai tempat-tempat eksotis yang layak untuk tujuan wisata. Salah satunya yang sudah dikenal cukup lama oleh berbagai orang adalah Telaga Ngebel. Telaga Ngebel yang merupakan danau alami ini terletak di kaki gunung wilis yang masuk wilayah kecamatan Ngebel, kabupaten Ponorogo.

Berjarak kurang dari 30 KM di timur pusat kota Ponorogo, kita dapat menjangkaunya dengan menggunakan Motor maupun Mobil. Dari arah kota Ponorogo kita bisa menuju arah timur dengan rute Kota Ponorogo, Jenangan, Ngebel. Atau bisa juga dengan rute Madiun, Dolopo, Ngebel. Jangan ragu untuk berkendara sendiri, karena banyak papan penunjuk jalan menuju ke telaga ngebel yang terpasang di jalan raya. Sebenarnya ada juga angkutan umum menuju telaga negebel, tetapi frkwensinya sangat jarang.

Berada pada ketinggian sekitar 700 M dari permukaan laut menjadikan daerah sekitar telaga yang mempunyai keliling 5 KM berhawa sejuk dan tidak terlalu dingin. Sehingga kita dapat berjalan-jalan menikmati pemandangan yang masih alami di sekitar telaga ngebel dengan nyaman meskipun tidak mengenakan pakaian tebal.

Bagi penggemar foto, ada beberapa spot yang menarik disekitar telaga ngebel. Untuk mendapatkan gambar-gambar yang indah dengan pencahayaan bagus, disarankan untuk datang pagi-pagi, sebelum matahari terlalu tinggi. Suasana pagi yang tidak begitu ramai pengunjung akan memudahkan kita mendapatkan gambar terbagus. Saat tahun baru Islam, tanggal 1 Suro, ada moment budaya Larung sesaji yang menarik untuk diabadikan dengan lensa kamera, selain prosesi larungan juga menyajikan berbagai macam kesenian rakyat khas Ponorogo.

Selain menikmati pemandangan alami dan udara yang bersih dan sejuk, jangan lupa untuk mengisi perut dan memanjakan lidah. Di seputaran telaga kita dapat menjumpai banyak rumah makan dan warung yang menyajikan menu khas ikan bakar. Ada juga nasi Tiwul goreng yang rasanya sangat eksotis di lidah. Jika beruntung kita dapat menikmati ikan Ngongok bakar, ikan endemik yang hanya hidup ditelaga Ngebel.

Yang tak kalah menarik adalah Durian Ngebel, durian yang satu ini selalu menjadi buruan penggemar durian di daerah Ponorogo dan sekitarnya. Daging buahnya yang tebal dan manis membuat banyak penggemar durian ketagihan. Tak heran jika musim durian tiba banyak penggemar durian yang menyempatkan diri datang ke Ngebel. Musim durian di telaga Ngebel biasanya berlangsung antara bulan Desember – Februari.

Jika tak cukup sehari menikmati telaga Ngebel atau sengaja ingin menikmati suasana malam di telaga ngebel, ada banyak penginapan yang tersedia di telaga Ngebel. (CA)

Facebook Comments
%d bloggers like this: