Kopi Indonesia Yang Mendunia

Minum-kopiWakoka.Co.Id – Meskipun sama-sama Kopi baik Arabica atau Robusta, memiliki karakter yang berbeda-beda, baik aromanya ataupun rasanya. Selain itu, tempat dan tanah dimana kopi ditanam dan cara perawatannya juga akan berpengaruh pada biji kopi yang dihasilkan. Semakin tinggi kualitas biji kopi dan cara ketepatan cara mengolahnya, akan berpengaruh pada cita rasa kopi tersebut. Kopi jenis arabica memiliki kualitas lebih baik daripada jenis robusta, namun dipasaran seringkali kedua jenis dicampur (di-blend) untuk menyeimbangkan cita rasanya.

Untuk ikut merayakan Hari Kopi Internasional ada baiknya kita mengenal lebih baik Kopi dari Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menjadi penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik, serta berprestasi sebagai negara urutan ke empat dalam catatan negara yang memproduksi kopi untuk dunia.

Di Indonesia setidaknya terdapat enam jenis kopi Indonesia yang merupakan jenis kopi terbaik di dunia? Adapun enam jenis kopi terbaik Indonesia yang mendunia, antara lain:

Kopi Gayo
Kopi Gayo berasal dari Propinsi paling barat Indonesia, yaitu Aceh, dikembangkan di tiga kabupaten yang berada di Aceh yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues yang memiliki kesesuaian tempat yang cocok untuk menghasilkan biji kopi dengan kualitas premium. Pemasaran Kopi Gayo sendiri berhasil menembus konsumennya di Asia, Eropa dan Amerika.

Kopi Sidikalang
Adalah salah satu jenis kopi arabica asli Indonesia yang telah dikenal masyarakat dunia, karena memiliki cita rasa yang kuat dan nikmat. Tumbuh subuh di dataran tinggi vulkanis yang kaya mineral membuat kopi Sidikalang memiliki biji kopi berkualitas tinggi. Kopi Sidikalang, yang mengambil nama dari sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi, merupakan ikon dari kopi Sumatra Utara.

Kopi Liwa
Kopi yang termasuk dalam kategori Kopi Luwak ini, berasal dari Kabupaten Liwa, Propinsi Lampung. Cara pengolahan kopi jenis ini adalah dengan disangrai dengan mencampurkan potongan pinang atau ginseng. Keharuman aroma berkualitas dan tergolong dalam kopi dengan harga yang mahal tersebut, berhasil masuk ke pasar pecinta Kopi mancanegara di Amerika.

Kopi Toraja Kalosi
Kopi Toraja Kalosi berasal dari Propinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di daerah pegunungan Toraja. Aroma yang kaya, dan tingkat keasaman yang seimbang, menjadikan Kopi Toraja Kalosi sebagai kopi berkualitas tinggi yang menjadi komoditas ekspor favorit ke mancanegara.

Kopi Flores
Kopi yang satu ini berasal dari Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Bersumber pada jenis kopi Arabica, kopi Flores merupakan kopi dengan kualitas terbaik diantara beberapa jenis kopi yang berasal dari Indonesia. Terkenal dengan nama Kopi Bajawa yang sebenarnya adalah ibukota kabupaten Ngada. Nama Bajawa seolah menjadi jaminan, kopi ini juga termasuk salah satu incaran penikmat kopi mancanegara.

Kopi Wamena
Bersumber dari wilayah pegunungan dari Kabupaten Wamena di Propinsi Papua, memiliki kualitas tinggi karena termasuk jenis Kopi Arabica yang berasal dari biji kopi dengan penanaman serta pemeliharaan secara organik. Kopi Wamena juga termasuk jenis kopi terbaik yang memiliki rating lebih baik dibanding beberapa jenis kopi lainnya di Indonesia, dan tentunya juga menjadi salah satu jenis kopi yang berhasil merambah pasar internasional.

Facebook Comments