Ikan Lele Ternyata Dapat Dibuat Dawet Yang Segar Tanpa Bau Amis

Wakoka.Co.Id – Anda pasti sudah sangat familiar dengan ikan lele. Ikan yang satu ini biasanya dimasak untuk lauk teman bersantap dengan nasi, seperti di goreng atau dimasak dengan cara lain. Namun di Ngawi, Jawa Timur, ikan lele diolah menjadi minuman yang cukup segar dan nikmat. Bahkan pada saat bulan puasa seperti ini, minuman dawet lele laris manis diburu oleh para pembeli untuk berbuka puasa.

Meski berasal dari ikan, dawet lele sama sekali tidak berbau amis. Dan tentu saja, karena terbuat dari bahan dasar ikan, minuman unik yang satu ini kaya akan protein.

Adalah Benny Ismanto, warga Desa/Kecamatan Widodaren, Ngawi yang mampu mengolah lele menjadi dawet dan menjualnya. Meski hanya dijajakan di rumah, dawet buatan Benny ini laris diserbu para pembeli yang berdatangan menjelang berbuka puasa.

Menurut Benny, yang juga peternak lele, ide awal membuat dawet lele ini muncul saat harga ikan lele anjlok hingga Benny terancam bangkrut. Benny pun memutar otak agar tetap dapat meraih untung dari penjualan ikan lelenya.
“Saya membuat kreasi bagaimana supaya lele saya bisa laku,” kata Benny.
“Selain saya buat dawet saya juga membuat abon, bakso, nugget dan macem-macem (dari ikan lele)” tambah Benny.

Masih menurut Benny, untuk membuat dawet lele sebenarnya tidaklah sulit. Bahannyapun mudah ditemui di pasaran seperti tepung beras, gula merah, santan kelapa dan tentu saja ikan lele. Sedang untuk menghilangkan bau amis, Benny menggunakan jeruk nipis. Cara mengolahnyapun juga seperti membikin cendol dan dawet pada umumnya.

abon dengan bahan dasar ikan lele

Di temani sang istri, Benny mengolah ikan lelel menjadi berbagai macam olahan makanan diantaranya, bakso, abon, nugget, pizza dan dawet.

Salah satu pembeli, Kuntari mengatakan jika dia dan anaknya cukup menyukai rasa daet lele ini.
“Meski dari ikan ini tidak amis kok, Anak saya juga suka,” kata Kuntari ketika ditemui saat membeli dawet.
“Ikan kan banyak proteinnya baik untuk balita juga” imbuhnya

 

Hampir seluruh bagian ikan lele dapat dimanfaatkan oleh Benny. Selain dagingnya, kepala, tulang dan kulit ikan lele dapat di manfaatkan sebagai bahan abon dan kripik lele. Harganyapun tidak terlalu mahal, satu gelas dawet lele misalnya, cukup ditebus dengan harga 3 ribu rupiah oleh pembeli. (WW)

Facebook Comments