Hari Batik Nasional – Jangan Salah Memakai Batik

batik-jessica-albaWakoka.Co.Id – Hari ini Jum’at (2/10/2015) adalah Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tahun. Perayaan ini dilakukan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO

Batik sebagai salah satu warisan budaya Indoensia mempunyai banyak motif atau corak. Masing-masing motif atau corak mempunyai makna tersendiri, jadi satu corak dengan yang lain mungkin akan berbeda makna pada waktu dan tempat yang sama. Seperti dikutip dari kompas.com, pakar batik Era Soekamto mengingatkan agar masyarakat Indonesia tak salah pakai batik mengingat setiap motif batik memiliki maknanya masing-masing.

“Hari Batik jangan cuma dijadikan euforia saja, pakai batik supaya eksis, tapi seharusnya dimaknai lebih mendalam,” kata Era Sukamto, Creative Director Iwan Tirta Private Collection di Jakarta pada Kamis (1/10/2015).

Dia menjelaskan, motif batik punya makna dan cara pemakaian sendiri-sendiri, misalnya motif parang yang seharusnya dikenakan secara vertikal alih-alih horizontal karena motif parang sebenarnya melambangkan kesakralan.

“Tanjakan-tanjakan pada motif batik parang merupakan lambang spiritual di mana semakin besar tanjakan semakin besar status sosial seseorang yang memakainya,” katanya.

Pada zaman dahulu, batik parang hanya dikenakan oleh panembahan senopati karena menurut Era, motif parang menunjukkan cara mengasah kejiwaan secafa perlahan.

“Seperti air yang mengikis karang secara halus, ini konsepnya seperti soft power. Para bendoro dan panembahan dilatih mengolah rasanya secara halus,” katanya.

Motif batik lain, Gurdo misalnya, juga tak kalah sakralnya. Era mengatakan, Gurdo melambangkan kesakralan tauhid.

Sejak batik makin mendunia, beberapa selebriti dunia pun mengenakan motif cantik batik asal Indonesia seperti Jessica Alba yang sempat terlihat mengenakan gaun bermotif parang gringsing yang dipercaya sebagai penolak sakit. Selain itu juga deretan artis seperti Dakota Fanning, Reese Witherspoon, Heidi Klum, dan Rachel Bilson juga pernah tertangkap kamera mengenakan kain motif batik.

Jadi tidak ada salahnya hari ini anda memakai batik, selain untuk ikut merayakan hari batik dan melestarikan budaya. Batik akan menambah karisma dan kepercayaan diri bila tepat memilih corak dan memadukannya. (Dari berbagai sumber)

Facebook Comments