Harga BBM Bakal Turun Pekan Depan

pertalite-premium-pertamaxWakoka.Co.Id – Harga bahan bakar minyak (BBM) akan diturunkan mulai pekan depan, agenda tersebut merupakan hasil Rapat Kabinet Terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (2/10/2015) kemarin. Dalam rapat tersebut, Presiden menitahkan Pertamina agar segera menghitung besaran penurunan harga bensin dan solar. Sebab, masih ada ruang bagi Pertamina menurunkan harga BBM.

Kendati selama ini cenderung keberatan dengan penurunan harga BBM, Direktur Utama Pertamina Dwi Sucipto berjanji siap melaksanakan titah Presiden. Maklum, versi Pertamina, harga jual premium lebih rendah 2 persen dari harga pasar. Dengan kata lain, Pertamina menjual premium lebih murah 2 persen dari harga pasarnya.

Toh, penurunan harga BBM sudah menjadi perintah Presiden. Untuk menurunkan harga premium dan solar, Pertamina akan menghemat biaya di kilang minyak, serta menekan biaya impor BBM.

Menurut Dwi, salah satu langkah efisiensi yang dilakukan Pertamina adalah dengan mengaktifkan proyek Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) atau menaikkan kapasitas kilang Cilacap. Kini, kilang itu berkapasitas 350.000 barrel per hari. Jika mengaktifkan RFCC, beban impor minyak bisa turun sekitar 5 persen.

Pertamina juga akan mengoptimalkan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), untuk mengurangi kebutuhan impor tahun ini sebesar 10 persen dan 20 persen tahun depan. “Itu signifikan menekan impor solar,” tandas Dwi.

Agenda ini sejalan dengan harapan sejumlah kalangan, setidaknya, cara ini bisa mengurangi beban masyarakat akibat lesunya ekonomi. (Diktip dari kompas.com)

Facebook Comments