H. Agung Priyanto, Penari Jathil Pria generasi terakhir di Ponorogo

Wakoka.Co.Id – Pada pembukaan Peringatan hari jadi ke 523 kabupaten Ponorogo dan Perayaan grebeg suro serta Festival Budaya Bumi Reyog tahun 2019, Rabu (21/08/19), ada moment langka yang sudah jarang ditemui. Yaitu adanya penari jathil pria di antara penari jathil perempuan yang ikut memeriahkan gelaran acara pembukaan tersebut.

Dan yang lebih tak terduga, ternyata penari jathil pria tersebut adalah salah satu politisi kawakan di kabupaten Ponorogo. Dia adalah H. Agung Priyanto, salah satu anggota dewan dari PDIP.

H. Agung Priyanto berfoto bersama keluarga setelah pentas

Pada awalnya tidak banyak orang yang tahu kehadiran H. Agung Priyanto di antara puluhan penari jathil perempuan. Namun setelah kehadirannya diketahui, banyak warga yang kemudian mengajaknya foto dan selfie bareng.

Menurut H. Agung Priyanto, hal ini dilakukannya untuk menunjukkan bahwa dulunya penari jathil adalah pria.
“Dulunya jathil itu lanang (pria) sebagai gambaran pasukan berkuda” kata H. Agung Priyanto saat ditemui setelah acara.
“Saya mungkin generasi terakhir jathil pria, pada tahun sekitar tahun 87, saya pernah mewakili kecamatan Babadan dalam Festival Reyog” tambahnya.

Menurut H. Agung Priyanto, jathil sebenarnya tidak selalu identik dengan gemblak, sehingga kedepan dirinya berharap ada yang menghidupkan kembali keberadaan penari jathil pria. (WW)

Facebook Comments
%d bloggers like this: