Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar Sejauh 2,5 Km

kenaikan-aktivitas-vulkanik-gunung-semeruWakoka.Co.Id – Kenaikan aktivitas vulkanik teramati di Gunung Semeru, sekitar pukul 05.30 WIB, gunung tertinggi di pulau Jawa ini mengeluarkan lava pijar sejauh 2,5 km mendekati lereng gunung ke arah Tenggara.

Priyo Hadi, petugas Perhutani, KPH Pasirian mengungkapkan, lelehan lava pijar itu diikuti letusan yang kekuatannya cukup besar.
“Kalau dikatakan besar sekali ya tidak. Tetapi, dibandingkan biasanya, letusan ini lebih besar, jadi agak mengagetkan masyarakat sekitar yang sudah biasa dengan letusan-letusan kecil,” kata Priyo yang saat dihubungi berada di daerah Pasirian berjarak 15 km dari Semeru.

Sekitar pukul 06.00 hingga 07.00 WIB, gunung eksotis ini mengeluarkan awan yang sangat pekat. Hal ini tampak jelas di daerah Pronojiwo.
“Kalau di daerah Pasirian, saat ini ditutupi mendung , jadi tidak tampak jelas. Tetapi sampai sekarang matahari belum tampak,” kata Priyo yang dihubungi sekitar pukul 10.30 WIB.

Di daerah pasirian juga terjadi hujan abu, tetapi intensitasnya rendah. Hujan abu yang cukup lebat terjadi di daerah Utara Semeru seperti di Pronojiwo dan Pasrujambe. (dikutip dari tribunnews.com)

Facebook Comments