Gunung Beruk Dan Kedung Mimang Pesona Alam Dari Karang Patihan Ponorogo

gunung-beruk-karang-patihanWakoka.Co.Id – Jik Jogja punya wisata alam Kalibiru, Ponorogo juga punya Gunung Beruk. Tempat wisata yang tak kalah menarik dan dijamin masih sangat alami.Pesona Gunung Beruk menarik banyak peminat, bukan hanya dari wisatawan lokal Ponorogo tetapi juga dari wilayah sekitar Ponorogo.

Destinasi wisata Ponorogo : Air Terjun Plethuk, Coban Lawe, Telaga Ngebel

Memang jika berbicara masalah destinasi wisata, Ponorogo tak pernah habis dieksplorasi, Gunung beruk contohnya. Bermula dari ide untuk memajukan desa, dan dibantu dengan mahasiswa KKN asal UGM. Gunung Beruk menjadi salah satu pilihan Ikon yang dikembangkan untuk memperkenalkan desa Karang Patihan, Balong, Ponorogo. Sebelumnya Karang Patihan telah terkenal dengan beberapa julukan yaitu “Kampung Idiot” dan “Kampung Lele”.

Untuk menuju gunung Beruk, kita dapat mengambil arah dari alon-alon Ponorogo. Ambil Jalur Ponorogo Pacitan Terus keselatan, sampai perempatan pasar Balong. Kemudian Belok kekanan (Barat), sampai perempatan Ngumpul lurus ke barat.

Setelah memasuki gapura desa Karang Patihan, kita akan temui perempatan Karang Patihan. Belok kiri arah Selatan, kurang lebih 500 meter, ada perempatan belok ke barat. Ikuti saja jalannya sampai kawasan gunung Beruk.

Sebenarnya yang menarik, selain gunung Beruk itu sendiri adalah gunung Bangkong yang berada di sebelahnya. Dari gunung Beruk, kita dapat menikmati pemandangan indah gunung Bangkong. Apalagi jika dilihat dari atas rumah pohon yang sengaja disediakan oleh pengelola. Dari atas rumah pohon tersebut, pemandangan yang disuguhkan terlihat makin yang menakjubkan. Dan tentu saja, agar tak ketinggalan trend kekinian, kita juga dapat mengambil foto selfie dengan pemandangan alam pegunungan sebagai latar belakang.

Kedung-mimang-karang-patihan

Selain gunung Beruk, Karang Patihan masih menyimpan satu destinasi wisata yaitu air terjun Kedung Mimang. Lokasinya juga tak jauh dari gunung Beruk, kita dapat dengan mudah menuju ke air terjun ini. Setelah mengendarai motor atau mobil, untuk sampai ke air terjun harus ditempuh dengan jalan kaki melalui jalan setapak kurang lebih 2 KM.

Namun jangan cemas, kelelahan kita akan terbayar setelah sampai di lokasi air terjun Kedung Mimang. Air terjun yang berada diantara gunung Rimbung dan gunung Rajek Wesi.Dengan ketinggian lebih dari 15 meter dengan kondisi yang betul-betul masih alami membuat rasa lelah dan capek langsung hilang terobati,tertebus begitu melihat indahnya dan merasakan sejuknya udara disekitar air terjun tersebut.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke gunung Beruk adalah di bulan-bulan Januari sampai Maret. Saat hutan-hutan mulai menghijau kembali setelah musim kemarau. (CA)

Facebook Comments
%d bloggers like this: