Update iOS 9 Membuat Iphone Jadi Lambat

iphone-ios-9Wakoka.Co.Id – Beberapa pengguna iPhone mengeluh tentang menjadi lambatnya iPhone mereka setelah melakukan update ke software teranyar iOS 9. Update sistem operasi Apple terbaru itu  dapat berjalan pada iPhone mulai keluaran 2011, Seri 4S sampai iPhone terbaru saat ini, Pihak Apple sendiri mengatakan bahwa lebih dari 50% pengguna iPhone telah melakukan update ke iOS 9 seminggu setelah update di release.

Meski demikian, beberapa pengguna di Official Forum Apple telah melemparkan kritik tentang melambatnya perangkat mereka setelah melakukan update ke iOS 9. Video dari vloggers iAppleBytes membandingkan langsung iOS 9.0.1 dengan iOS 8.4.1 yang berjalan d iPhone 4S, 4 dan 5. Video itu juga memperlihatkan seberapa lambatnya pengaruh update baru iOS 9 terhadap kinerja iPhone lawas.

Smartphones memerlukan waktu yang lebih lama saat dinyalakan (start up), menurunnya performa camera serta waktu untuk membuka aplikasi dan perpindahan antar aplikasi juga lebih lambat. Hal yang sama juga terjadi pada beberapa iPhone yang lebih baru. Sedang kinerja Virtual Assisstant SIRI terlihat lebih cepat, tetapi dengan mematikan fitur “prediksi”lebih pada iPhone.
Issu tentang menurunnya performa setelah melakukan update software pada perangkat lawas bukanlah hal yang asing bagi pengguna Smartphone. fitur-fitur baru selalu membutuhkan sumberdaya yang lebih besar pada perangkat, menurunkan perfoma pada operasi normal dan berpengaruh juga pada waktu pemakaian battery.

Namun tidak demikian pada beberapa update, Sebagai contoh update Android Lollipop pada tahun 2012. Update android Lollipop lebih fokus pada peningkatan kinerja, optimasi dan nyata-nyata meningkatkan kecepatan Smarphone atau Tablet. Tetapi hal yang sama tidak terlihat pada iOS 9. Meski demikian, ini merupakan satu dari update iOS yang paling lancar dari perangkat apple.

pada tahun 2014, pembaharuan iOS 8 menimbulkan masalah karena membutuhkan space kosong 5 GB yang berarti banyak musik dan aplikasi yang harus dihapus oleh pengguna hanya untuk menginstall update. Apple memperbaiki masalah itu pada iOS 9 yang hanya membutuhkan ruang penyimpanan kosong dibawah 1,5 GB serta ukuran aplikasi yang lebih kecil. Tetapi ini berdapak pada kecepatan dan kinerja pada perankat yang lebih lawas.

Ketika ada beberapa pengguna yang menghindari update ke versi yang lebih baru, mereka akan berhadapan dengan risiko kerawanan keamanan serta tidak dapat menginstall aplikasi terbaru. Sehingga mau tidak mau pembaharuan sofware (update)  tidak dapat dihindari oleh pengguna.

Facebook Comments