Sungai Meluap Banjir Landa Pemukiman Warga Dusun Bendo

banjir melanda pemukiman warga bendo (sumber foto : kanalindonesia.com)

Wakoka.Co.Id – Akibat hujan deras pada Selasa Petang (02/1/18), banjir melanda Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jatim. Hujan deras yang mengguyur wilayah hulu sungai yang menuju Waduk Bendo, Kecamatan Sawoo menyebabkan air meluap dan melanda pemukiman.

“Terdapat gundukan material diatas terowongan yang menghalangi aliran air. Karena debit air cukup besar sehingga meluap menggenagi rumah warga dan satu mushola,”ucap Setyo Budiono, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo kepada kanalindonesia.com.

Data yang diperoleh kanalindonesia.com dari BPBD Ponorogo terdapat 42 unit rumah yang dihuni 94 jiwa dan 1 mushola terendam air.

“Sore hujan, di hulu yang mengguyur Desa Temon, Kecamatan Sawoo dan Sooko. Air dari dua hulu mengumpul jadi satu di sungai menuju waduk Bendo,”terang Budi.
Disebutkan Setyo Budiono, untuk yang bagian bawah ketinggian air mencapai 1,5 meter hingga masuk ke rumah warga dan termasuk satu mushola, sementara yang dibagian atas air masuk rumah dengan ketinggian mencapai 50 centimeter.

“Tindakan kita yang terpenting adalah menyelamatkan warga dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman, diantaranya ke rumah penduduk. Karena air sudah mulai surut, malam ini sebagian warga yang mengungsisudah kembali rumah masing-masing, sementara yang masih tetap bertahan menginap di pengungsian tinggal 22 orang,”terang setyo Budiono.

Sebelumnya, warga terdampak banjir tersebut ditampung di lima tempat pengungsian.
“Saat ini selain kita lakukan pendataan, juga kita siapkan bantuan yang dibutuhkan oleh pengungsi yang diantaranya bahan makanan, slimut, alat dapur dan tikar. Dan malam ini secepat mungkin akan segera kita kirim,”jelas Setyo Budiono.

Dikatakan Budi, karena kondisi yang sudah malam dan gelap, rencana besuk pagi akan dilakukan kerja bakti bersama TNI, Polri, BPBD guna membersihkan lumpur yang berada di rumah warga.(sumber: kanalindonesia.com)

Facebook Comments