Siap Cetak Barista Bertaraf Internasional, SMKN Slahung Ponorogo Akan Luncurkan Coffee Lab Teaching Factory

coffee-lab-teaching-factoryWakoka.Co.Id – Ada satu pemandangan yang berbeda di SMKN Slahung Ponorogo pada Kamis (10/11/2016), malam, sebuah ruangan disulap menjadi sebuah Caffe. Lengkap dengan berbagai macam alat pengolahan dan penyajian kopi serta berbagai aksesoris seperti yang ada pada sebuah Caffe komersil.

Ruangan itu ternyata adalah sebuah Coffee Lab Teaching Factory, atau laboratorium pengolahan dan penyajian Kopi, bukan Caffee biasa. Barista dan pelayan yang ada di ruangan ini adalah para siswa SMKN Slahung yang sedang belajar menjadi barista sesungguhnya.

Menurut Kepala sekolah SMK Slahung, Drs. Nurdianto, M.Pd, ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing siswa dalam dunia kerja kedepan. Mengingat tak lama lagi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) akan berlaku dan tingkat persaingan tenaga kerja akan semakin tinggi. Dengan adanya Coofee Lab Teaching Factory, siswa akan belajar menjadi barista (pembuat dan penyaji kopi) dengan standar internasional.

“Salah satu produk yang bisa bersaing (saat MEA berlaku) adalah makanan,” kata Nurdianto saat ditemui di lokasi.

“Dengan program ini SMKN Slahung akan mampu mencetak barista dan pengolah kopi terbaik yang mampu bersaing di dunia bisnis” terangnya.

Masih menurut Nurdianto, Coffe Lab teaching Factory juga mengolah dan menyajikan kopi lokal dari Ponorogo sendiri, mengingat di sekitar Ponorogo juga terdapat beberapa jenis kopi yang dikembangkan petani.

Untuk melatih para siswa dalam mengolah, meracik dan menyajikan kopi, instruktur didatangkan dari kalangan praktisi yang telah berpengalaman. Sehingga mampu memberikan berbagai macam cara dan metode penanganan kopi, mulai dari proses pemilihan kopi, roasted, grinding dan brewing, baik secara manual maupun dengan menggunakan mesin yang ada dipasaran.

Jika anda tertarik, Coffe Lab Teaching Factory membuka pintu bagi para penikmat kopi yang ingin mampir. Selain menyajikan berbagai macam kopi yang sudah akrab dilidah, Coffe Lab Teaching Factory juga menyajikan kopi lokal Ponorogo sebagai salah satu sajian unggulan.(WW)

Facebook Comments