Pengikut ISIS Membelot, 4 Dari Indonesia

isisWakoka.Co.Id – Penelitian di Inggris mengungkapkan sejumlah pengikut ISIS yang membelot dan akhirnya berani buka suara. Mereka berasal dari berbagai negara, 4 di antaranya dari Indonesia.

Laporan tersebut disusun oleh Pusat Internasional untuk Studi Radikalisasi (ICSR) King’s College London. Total ada 85 orang eks ISIS yang menceritakan pengalaman mereka selama bergabung dengan organisasi radikal tersebut. Sebagian ada yang anonim karena takut, sebagian lagi dengan lantang terbuka.

Mereka diwawancarai oleh sejumlah media, beberapa di antaranya memposting di situs jejaring sosial YouTube dan media sosial lainnya. Keberadaan mereka kini jelas dirahasiakan demi alasan keamanan.

Dari sekian nama, 4 di antara para eks anggota ISIS berasal dari Indonesia. Mereka semua diwawancarai oleh media The Jakarta Post dan The Straits Times. Belum jelas, sejauh mana keterlibatan mereka di ISIS.

Dikutip dari BBC, para pembelot ini sempat bergabung dengan ISIS untuk alasan keuntungan materi. Namun ternyata, hal itu tidak pernah terwujud. Bahkan ada yang melarikan diri karena akan dijadikan pengebom bunuh diri.

Penelitian mengungkap beberapa alasan mengapa mereka meninggalkan kelompok yang terutama beroperasi di Suriah dan Irak itu. Sebagian besar dari mereka tidak setuju dengan kebrutalan yang ditimpakan kepada sesama Muslim. Faktor lainnya, mereka tidak setuju dengan tindakan-tindakan yang dianggap menyimpang dari ajaran Islam, termasuk korupsi di lingkungan kelompok itu.

Berikut 4 nama para pembelot yang berasal dri Indonesia seperti dikutip dari laporan ICSR:

1. Abul Hakim Munabari Indonesian M 01/04/15 Jakarta Post

2. Ahmad Junaedi Indonesian M 01/04/15 Jakarta Post

3. Helmi Alamudi Indonesian M 01/14/15 Jakarta Post

4. Mazlan Indonesian M 17/08/15 Strait Times

(dikutip dari detik.com)

Facebook Comments