Penantang Honda Vario 150 Dari Yamaha Bakal Segera Meluncur – Ini Buktinya

yamaha-nvxWakoka.Co.Id -Nampaknya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sedang siapkan Skutik 150 cc baru sebagai penantang Honda Vario 150. Bukan hanya sekedar konsep, namun statusnya sudah siap diproduksi massal. Rumors yang beredar, Skutik ini identik dengan Yamaha NVX yang siap melesat di Vietnam.

Menariknya, jika memang Skutik yang disiapkan YIMM adalah NVX, dipastikan motor ini akan sangat kaya fitur. Beberapa item bikin geleng-geleng kepala, seperti yang digambarkan dalam teaser seri kedua tentang NVX yang digelontorkan Yamaha Vietnam.

Melongok daftar produk di TPT-online Kementerian Perindustrian, muncul kode B65 dan B65-A. Proses uji tipe pun rampung, dan sudah muncul kepastian jumlah produksinya. Tercatat, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal memproduksi skuter yang tepatnya berkapasitas silinder 155,1 cc itu sejumlah 106.100 unit untuk B65, dan 28.700 unit untuk B65-A. Proses dokumen sudah selesai September 2016.

Dugaan ini diperkuat via spyshot yang menunjukkan model ini sedang dites jalan. Foto Skutik yang disinyalir Yamaha NVX itu pun dengan cepat menyebar di kalangan penggiat blog. Tidak ada lagi kamuflase, meski tidak ada juga muncul logo Yamaha. Tapi dari siluet desainnya, tidak diragukan lagi, ini adalah NVX yang belum lama ini meluncur di Vietnam.

yamaha-nvx

Sekilas dari depan ada aura Soul GT, meski kali ini dibuat jauh lebih tajam. Lampu utama diapit dua lampu sesin yang terletak di bagian ujung dek depan. Di bagian belakang tampak lampu sudah menggunakan tipe LED

Soal fitur tidak tampak jelas. Namun suspensi belakang tampak mencolok dengan tabung penyetelan udara. Keyakinan model ini bakal masuk kategori di bawah NMAX dilihat dari penggunaan rem tromol pada bagian belakang.

Seperti yang sudah pernah dibahas KompasOtomotif, motor ini bakal dibekali banyak fitur menarik yang menaikkan gengsi. Termasuk di antaranya penggunaan panel indikator full digital dengan penampang yang sangat lebar.

Untuk perkiraan, berikut teaser lengkap fitur unggulan NVX:

Dari tayangan video itu, beberapa fitur ini dibocorkan Yamaha, yakni:

  1. Smart Key. Belum dijelaskan bagaimana cara kerjanya. Namun dari video tampak bahwa motor tak akan menggunakan kunci kontak. Menghidupkan mesin hanya dengan memutar panel. Di bagian ini juga ada tombol untuk membuka bagasi dan tutup tangki bensin.
  2. Penggunaan ban, belakang ukuran lebar 140 dan depan 110. Menariknya, pelek berdiameter 14 inci, cukup melegakan karena NMAX selama ini pakai 13 inci yang kurang familiar.
  3. Bagasi sangat besar dengan volume 25 liter. Ruang ini cukup untuk menampung dua helm full face dan peranti lain.
  4. Panel meter full digital. Mulai dari penunjuk kecepatan sampai putaran mesin. Penampangnya juga lega, pakai LCD 5,8 inci.

Tentu, semua fitur itu makin bikin penasaran. Saat ini YIMM masih tutup mulut tentang kehadiran motor-motor baru, termasuk skuter 150 cc, atau bahkan yang lebih besar, yakni 250 cc.

(sumber : kompas otomotif)

Facebook Comments