Pelarian Tersangka Penggelapan Iuran Study Tour Siswa SMP Negeri 1 Ponorogo Berakhir Di Bali

Wakoka.Co.Id – Aparat Polres Ponorogo menangkap Karim Budiman (56), warga Dusun Planeran, Desa Sugihwaras, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Agen pariwisata gadungan itu ditangkap setelah menggelapkan dana study tour ratusan siswa SMPN 1 Ponorogo, Jawa Timur, senilai Rp 362 juta.

“Tersangka ditangkap di Bali dan diserahkan ke Satreskrim Polres Ponorogo, Sabtu (19/8/2017). Tersangka Karim ditangkap dengan tuduhan menggelapkan dana piknik yang dikumpulkan dari ratusan siswa SMPN 1 Ponorogo senilai Rp 360 juta,” kata Kasubag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto, Sabtu (19/8/2017).

Menurut Sudarmanto, kasus itu bermula saat tersangka datang ke SMP 1 Ponorogo menawarkan perjalanan study tour yang rencananya dilaksanakan 11 Juli 2017.

Dari penawaran itu, pihak sekolah menyetujui dan membuat surat perjanjian kerja sama antara panitia dengan tersangka. Total kontrak yang diteken antara SMPN 1 Ponorogo dengan tersangka sebesar Rp 427,5 juta.

“Setelah teken kesepakatan, panitia study tour melakukan pembayaran sebanyak enam kali dengan total Rp 362 juta. Namun pada hari pelaksanaan, terlapor tidak bisa dihubungi. Akibatnya, pelaksanaan study tour SMPN 1 Ponorogo gagal,” ungkap Sudarmanto.

Dari tangan tersangka, kata Sudarmanto, polisi menyita uang tunai sebanyak Rp 32,3 juta. Tak hanya itu, polisi juga menyita buku tabungan dan satu buah ponsel merk Samsung A3.

Tersangka saat ini dijebloskan di sel tahanan Polres Ponorogo. Tersangka dijerat pasal penipuan dan penggelapan. (sumber : kompas.com)

 

Facebook Comments