Ketahuan Mengambil Edelweis, 11 Pendaki Diminta Bikin Surat Pernyataan

Pos penjagaan Cemoro Sewu

Wakoka.Co.Id – Sebelas pendaki Gunung Lawu tertangkap basah membawa bunga edelweis saat turun dari puncak lawu. Perbuatan mereka diketahui oleh petugas saat sampai di Pos Cemoro Sewu, Desa Ngancar, Dukuh Cemorosewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sekitar pukul 10.53 WIB, Kamis,(21/09/2017).

“Mereka kedapatan membawa bunga edelweis saat akan mengambil KTP di Pos Cemoro Sewu,” ujar Ferry Yoga Saputra Kepala Seksi Kadaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan.

Sebelas pendaki tersebut, dua masing-masing  dari Ngawi dan Kediri,  sedangkan sembilan orang dari Boyolali, Blora, Batang Jawa Tengah .
”Mereka tertangkap basah saat akan mau keluar dan mengambil KTP,” kata Ferry.

“Saat tertangkap mereka membawa bunga abadi  sebanyak 20 sampai 40 tangkai yang dimasukan dalam tas gunung,” ucap Ferry.

Saat itu  juga petugas langsung mengamankan bunga edelweis dari tangan pendaki. Dan meminta 11 pendaki tersebut untuk membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya tersebut.

Menurut Ferry bunga abadi atau edelweis merupakan salah satu flora yang wajib dilindungi sehingga memetik dan mengambilnya adalah perbuatan terlarang.
”Sebelum menandatangani surat pernyataan ke 11 pendaki diberi pengarahan dari petugas,” ucap Ferry.

Menurut pengakuan mereka, kata Ferry ke 11 pendaki mengambil bunga edelweiss saat melakukan perjalanan turun ke cemoro sewu, antara pos 3 dan pos 2.

“Kegaiatan ini merupakan   kegiatan pengamanan pendakian Gunung Lawu memperingati  1 Suro atau tahun baru Islam  di Pos Cemoro,” pungkasnya.  (CH)

Facebook Comments