Kedatangan Jamaah Haji Kloter Pertama Dipastikan Terlambat

KLOTER PERTAMAWakoka.Co.Id – Kepulangan Jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang pertama ke Bandara Internasional Soekarno Hatta dipastikan mengalami keterlambatan hingga 10 jam. Menurut informasi, semula, kloter JKG 01 itu akan diterbangkan dengan pesawat Garuda 7461 pada pukul 08.40, namun belakangan jadwal diubah menjadi 18.40 waktu setempat.

“Jadwal baru JKG 01 akan diterbangkan pada pukul 18.40 waktu Arab Saudi,” kata Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah PPIH Arab Saudi Nurul Badruttamam, seperti dikutip dari Media Center Haji (MCH), di Jeddah, Arab Saudi, Senin (28/9/2015).

Nurul menuturkan, keterlambatan terjadi lantaran ada persoalan yang menimpa kru Garuda Indonesia yang bertugas. Kru yang terbang dengan pesawat GA 980 (penerbangan reguler) itu mengalami keterlambatan mendarat di Bandara King Abdul Azis (KAA) Jeddah lantaran harus mendarat darurat (divert) di Colombo, Sri Lanka.

Pedaratan darurat disebabkan adanya penumpang, seorang anak kecil asal Arab Saudi yang luka akibat membentur pembatas kursi dan memerlukan pertolongan pertama.

Sesuai dengan aturan penerbangan internasional, kata Nurul, waktu istirahat kru pesawat adalah 18 jam. Karenanya, hal tersebut berpengaruh terhadap penerbangan JKG 01.

Jemaah haji Kloter JKG 01 saat ini ditempatkan di Hotel Norcom Jeddah. “Segala beban biaya akomodasi 440 jemaah JKG 01 ini yang menjadi tanggung pihak Garuda,” kata Nurul. (dikutip dari Metrotvnews)

 

Facebook Comments