Jangan Lewatkan, Ini Rute Kirab Bedhol Pusaka Ponorogo Nanti Malam

Wakoka.Co.Id – Satu moment menarik yang kadang terlewatkan dalam perayaan Grebeg Suro di Ponorogo adalah Kirab Bedhol Pusaka. Prosesi yang sebanarnya sangat menarik ini kerap terlewat karena waktu pelaksanaannya yang malam, menjelang dini hari. Pada perayaan Grebege Suro tahun ini, Kirab Bedhol Pusaka akan dilaksanakan nanti malam, Selasa (19/09/2017) sekitar Jam 23.30 WIB.

Ritual yang merupakan rangkaian kegiatan Grebeg Suro Kabupaten Ponorogo ini syarat dengan nuansa sakral. Pasalnya kirab dengan berjalan kaki dari Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo menuju Kutho Wetan makam Bathoro Katong diikuti oleh para orang tua dengan membawa Pusaka kebesaran Ponorogo. Dan satu hal lagi, peserta kirab tidak boleh berbicara selama perjalanan atau lebih dikenal dengan laku bisu.

Tiga pusaka yang dikirab adalah Sabuk Cinde Puspito, Payung Songsong Tunggul Wulung dan Tombak Tunggul Nogo. Ketiganya adalah pusaka andalan yang diwariskan oleh Bathoro Katong yang nantinya akan kembali di kirab kembali ke Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo pada besuk sore, menjelang malan 1 Suro.

Untuk anda yang tidak ingin melewatkan momen sakral ini, berikut rute yang akan dilewati pada kirab Bedhol Pusaka nanti malam :
Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo (Start) – Aloon-aloon – Jl. Jendral Sudirman – Jl. Soekarno Hatta – Pasar Legi – Jl. Bathoro Kathong – Jl. Niken Gandini – Makam Bathoro Katong (Finish). (CA)

Facebook Comments