Hilangnya Senyum di Foto Orang Jaman Dulu

News.Wakoka.Co.Id – Bila kita bandingkan foto-foto orang jaman dahulu dengan jaman sekarang, foto jaman dahulu pasti kelihatan, serius, tegang dan tanpa senyum. Coba lihat kembali foto-foto koleksi bapak ibu atau kakek nenek kita. Pasti jarang yang kelihatan tersenyum, mengapa..?

foto-jaman-dulu

Hal itu erat hubungannya dengn perkembangan budaya dan juga teknologi Fotografi.
Pada era Victoria yaitu tahun 1837 hingga 1901, aturan etiket dan kecantikan berbeda dengan hari ini.Pada masa itu, mulut mungil yang terkatup rapat adalah hal yang dianggap pantas. Di Indonesia juga demikian, tidaklah sopan tersenyum sampai menampakkan gigi bagi seorang bangsawan dan orang berpendidikan. Makanya orang jaman dahulu kalau tersenyum hanya tersenyum simpul alias tidak kelihatan giginya.

Hilangnya senyum dari muka orang zaman dahulu juga diakibatkan oleh efek lamanya waktu yang diperlukan oleh kamera kuno untuk menangkap gambar.Kamera jaman dahulu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan gambar yang bagus meskipun dalam pencahayaan normal. Alhasil orang-orang yang akan difoto harus diam untuk bebereapa saat. Selain itu hasil pengambilan gambar juga tidak langsung dapat dilihat. Harus menunggu dulu di proses di kamar gelap beberapa jam untuk melihat hasilnya. jadi kebayangkan repotnya jika melakukan pengambilan gambar yang berulang-ulang. (dari berbagai sumber)

Facebook Comments