Dijanjikan Anknya Jadi PNS Warga Slahung Tertipu Puluhan Juta

Wakoka.Co.Id – Dijanjikan untuk menjadi PNS, seorang warga Slahung dan anak perempuannya tertipu puluhan juta rupiah. Peristiwa penipuan yang melibatkan beberapa orang pelaku ini terjadi sekitar bulan Februari 2014. Namun korban baru merasa tertipu dan melapor ke kepolisian setelah tenggat waktu yang dijanjikan berlalu dan anak korban tidak kunjung mendapatkan SK pengangkatan menjadi PNS.

Kejadian penipuan ini berawal saat ST (61) warga Desa Slahung, Kecamatan Slahung yang ditawari untuk memasukkan anak perempuannya menjadi PNS oleh JS (52) seorang oknum PNS yang beralamat di Perum Grisimai, Siman, Ponorogo. JS menjanjikan dapat memasukkan anak ST melalui temannya AS (49) dan SA (56), keduanya warga Kabupaten Madiun dengan syarat menyerahkan uang sebesar Rp. 200 juta rupiah.

Namun setelah menyerahkan uang sejumlah Rp 75 juta sebagai uang muka dan menunggu selama 3 tahun, janji dari para pelaku tidak pernah terwujud. Merasa ditipu, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian, Polres Ponorogo. Setelah mendapat laporan, Polisi kemudian memburu dan berhasil menangkap 3 pelaku, JS, AS dan SA.

Berdasar pengakuan para tersangka dihadapan penyidik, selain ST masih ada banyak korban lain yang tersebar di wilayah Ponorogo dan sekitarnya.
“Menurut pelaku ada ratusan korban yang tersebar di berbagai daerah, Ponorogo, Magetan dan Kediri,” kata AKP Rudi Dharmawan, Kasat Reskrim Polres Ponorogo saat ditemui di Mapolres.

“Jadi tidak menutup kemungkinan korban akan bertambah,” terang AKP Rudi.

Untuk itu, AKP rudi menghimbau kepada masyarakat yang merasa tertipu segera melapor ke Polisi. Saat ini ketiga pelaku sudah ditahan di Mapolres Ponorogo untuk proses lebih lanjut. Ketiganya telah melanggar pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman penjara sampai 4 tahun. (WW)

Facebook Comments