Banjir Pacitan Mulai Surut, Ratusan Rumah Diperkirakan Rusak

Wakoka.Co.Id – Banjir yang menggenang di lima kecamatan di Pacitan yang terjadi sejak Selasa (28/11/2017) pagi, sudah surut sejak Rabu (29/11/2017) siang. Bupati Pacitan, Indartato saat dikonfirmasi Rabu (29/11/2017) siang mengatakan, meskipun sudah mulai surut, air masih banyak menggenang di jalan dan rumah warga.
“Jadi alhamdulillah, perkembangan terakhir ini sungainya sudah surut. Sehingga air yang melimpah ke jalan dan pemukiman warga juga sudah surut. Tapi masih banyak rumah teman-teman kita yang masih tergenang air,” katanya saat dikonfirmasi.
Ditanya berapa rumah yang mengalami rusak berat akibat banjir dan longsot, Indartato mengaku belum dapat memastikan jumlah pastinya.
Ia memperkirakan ada lebih dari 200 rumah yang roboh dan rusak berat.
“Rusak berat belum didata, tetapi yang jelas lebih 200, itu di wilayah Kabupaten Pacitan termasuk yang terkena longsor. ”
“Jadi yang utamanya yang paling banyak di Kecamatan Pacitan, Kecamatan Kebonagung, Kecamatan Tulakan, Kecamatan Pringkuku, dan Kecamatan Arjosari dan Kecamatan sama Ngadirojo,”jelasnya.
Data dari BPBD Pacitan terdapat 12 desa dan kelurahan di lima kecamatan di Pacitan yang terdampak banjir.
Di antaranya Desa Banjarejo,Kecamatan Kebonagung, Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung, Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari, Kelurahan Pacitan Kecamatan Pacitan.
Desa Sirnoboyo Kecamatan Pacitan, Desa Kayen Kecamatan Pacitan, Desa Punung Kecamatan Punung, Desa Arjosari Kecamatan Arjosari, Desa Tanjungsari Kecamatan Pacitan, Desa Tambakrejo Kecamatan Pacitan, Desa Purwosari Kecamatan Kebonagung, Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan.
Sedangkan longsor di Pacitan terjadi di delapan desa di lima kecamatan. Di antaranya, Dusun Krajan Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Dusun Duren Desa Klesen Kecamatan Kebonagung, Dusun Blimbing Desa Klesen Kecamatan Kebonagung,.
Dusun Pule Desa Pagutan Kecamatan Arjosaru, Dusun Ngrampal Desa Wora-wari Kevamatan Kebonagung, Dusun Gundi Desa Banjarjo Kecamatan Kebonagung.
Dusun Ngasem Desa Bolosingo Kecamatan Pacitan, Dusun Watuadeg Desa Karangnongko Kecamatan Kebonagung, Dusun Tamperan Desa Sidoharjo Kecamatan Pacitan, Dusun Gunung Cilik Desa Purwosari Kecamatan Kebonagung.
Pantauan di lokasi, sekitar pukul 16.30 WIB sejumlah jalan di Kota Pacitan yang sebelumnya tergenang air sudah mengalami surut.
Namun, masih ada beberaoa jalan yang tidak dapat dilewati karena tergenang air, misalnya di Jalan Sudirman, Kota Pacitan. Ketinggian air di Jalan Sudirman mencapai sekitar 50 sentimeter. Hanya kendaraan roda empat yang bisa melewati jalan Sudirman. (Sumber: tribunnews.com)

Facebook Comments