Antareja – Tunnel Boring Machine untuk Proyek MRT Jakarta

Wakoka.Co.ID – Hari ini (Senin, 21/9/2015), Presiden Jokowi meresmikan Mesin Bor bawah tanah untuk membuat terowongan Mass Rapid Transit (MRT). Mesin bor yang dikenal sebagai Tunnel Boring Machine (TBM) yang mulai beroperasi ini diproduksi oleh perusahaan Jepang bernama Japan Tunnel Systems Corporation (JTSC). Dengan diameter 6,7 M. Panjang 43 M dengan bobot 323 Ton, mesin yang dinamai “Antareja” adalah salah satu dari 4 TBM yang akan digunakan untuk membuat terowongan dibawah Kota Jakarta.

diagram_crossrail_tbm

Sebuah Tunnel Boring Machine (TBM) juga dikenal dg nama “mole”, sebuah mesin yang digunakan untuk menggali tunel/terowongan. TBM bisa menggali tanah hingga berbagai jenis batuan yang keras.

Diameter terbesar dari TBM yang pernah dibuat adalah 19.25 meter. Dibuat oleh Herrenknecht AG untuk pengerjaan proyek tunel Orlovski di St.Petersburg Rusia dengan objek pengerjaan material berupa campuran tanah dan pasir.

Diameter TBM untuk mengebor bebatuan adalah 14.4 meter, dibuat oleh The Robbins Company untuk proyek Tunel Air Terjun Niagara.(dari berbagai sumber)

Cara kerja TBM

Facebook Comments