Angka Kecelakaan Lalulintas, Indonesia No 5 di Asia

kecelakaan-motorWakoka.Co.Id – Kecelakaan menjadi pembunuh nomor tiga setelah penyakit jantung dan TBC. Catatan terkini menunjukkan, di Asia Tenggara saja, 153.000 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas pada tahun 2014. Hal ini seiring dengan data Bank Dunia yang menunjukkan, 85 persen kecelakaan terjadi di negara berkembang.Lima puluh persen dari angka kecelakan itu adalah di negara-negara Asia Pasifik.
Indonesia menduduki peringkat kelima, setelah Tiongkok, India, Afghanistan, dan Nigeria.Pada tahun tersebut, 28.000 korban meninggal dari total 95.247 kejadian kecelakaan lalin, atau 72 orang meninggal per hari.Mayoritas kecelakaan ini melibatkan sepeda motor dan terjadi di Pulau Jawa, dan 81% terjadi karena kesalahan manusia.
Hal yang perlu dicermati dari data ini, yaitu mayoritas korban kecelakaan lalin adalah mereka yang berusia 15 tahun hingga 35 tahun.Pengendara remaja seringkali terlibat dalam kecelakaan-kecelakaan lalin yang fatal. Hal ini terlihat dari fakta lain yang menyebutkan, kecelakaan yang berujung pada kematian yang diakibatkan oleh remaja usia 16 tahun hampir dua kali lipat lebih banyak daripada yang diakibatkan oleh remaja usia 18 dan 19 tahun, bahkan tiga kali lebih sering bila dibandingkan yang diakibatkan pengemudi yang berusia di atas 20 tahun.(dikutip dari otosia.com)
Facebook Comments