Ajang Sepeda Tercepat di Bumi

aeroveloNews.Wakoka.Co.Id – Seberapa cepat anda pernah bersepeda? Mungkin 30 atau mendekati 50 Km per jam? Tim AeroVelo dapat lebih cepat dua kali lipat dengan sepeda cepat mereka yang berbentuk peluru,”mencapai kecepatan 85,71 mil per jam (137,94 Kpj) dan memecahkan rekor dunia untuk kendaraan tercepat bertenaga manusia.

Berita ini datang dari Battle Mountain, Nevada, di mana “The World human powered speed chalenge” diselenggarakan. Di dalamnya, peserta diberi lintsan sepanjang 8 kilometer untuk mendapatkan catatan kecepatan mereka sebelum mencapai bagian mendatar yang membentang sepanjang 200 meter. di bagian yang mendatar itu kecepatan diukur dan dicatat. Disitulah Tim AeroVelo memecahkan rekor sebelumnya 83,13 mil per jam (133,78 Kpj).

Ini bukan perlombaan dengan sepeda konvensional, setiap tim menggunakan “Speedbike”. Sebuah sepeda yang benar-benar tertutup, berbentuk peluru. Yang memaksa “pilot” untuk bersandar bahkan hampir sepenuhnya berbaring horisontal. Kombinasi berat, aerodinamis, dan ketahanan fisik dari pengendara belaka yang memungkinkan sepeda untuk mencapai kecepatan menakjubkan tersebut.
Tim AeroVelo mencatatkan rekor tanggal 17 sept lalu, tapi acara di Nevada itu baru akan berakhir hari ini. sehingga masih ada kemungkinan catatan kecepatan mereka masih bisa dikalahkan. Anda bisa mengikuti kontes di situs (http://www.ihpva.org/home/) The International Human Powered Vehicle Association. (dikutip dari theverge.com)

Facebook Comments