Ada Air Di Permukaan Planet Mars

air-di-marsWakoka.Co.Id – Ada air dipermukaan Mars. Air dipermukaan tersebut dalam bentuk cair ditemukan saat musim hangat di planet merah itu menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam Geosciences. Ide tentang keberadaan air di Mars berdasarkan data Spektrall dari wahana NASA Mars Reconnaissance Orbiter (MRO). Wahana yang mempelajari data-data permukaan Mars dari orbitnya.

Peneliti mempelajari data-data kimia dari garis-garis aneh yang muncul dan menghilang secara musiman di permukaan Mars. Dari analisa, kemaungkinan garis-garis itu terbentuk dari garam yang tertinggal oleh aliran air yang menuruni bukit di Mars.

NASA telah mempublikasikan temuan ini sebagai solusi untuk misteri terbesar Mars: apakah Planet Merah benar-benar memiliki air cair di permukaannya? Para peneliti telah lama mengetahui bahwa ada air dalam bentuk es di Mars, tapi keberadaan air yang dalam bentuk cair tidak pernah dikonfirmasi. Badan antariksa AS mengklaim sekarang memiliki jawaban itu.

Ini bukan penelitian pertama yang menunjukkan air cair hadir dalam beberapa bentuk di Mars. Para ilmuwan telah berteori selama bertahun-tahun bahwa Mars dulunya rumah bagi laut besar lebih dari 4 miliar tahun yang lalu. Dan temuan terbaru dari rover Mars Curiosity menunjukkan bahwa air cair ada persis di bawah permukaan Mars. Penemuan air di Mars telah menjadi lelucon di kalangan peneliti planet.

Alfred McEwen, seorang ahli geologi planet di Planetary Image Research Laboratory yang juga bekerja pada penelitian ini, menulis dalam Scientific American bahwa penelitian telah menjadi sangat biasa: “Selamat – Anda telah menemukan air di Mars untuk ke-1000 kali” candanya.(disunting dari theverge.com)

Facebook Comments